Bawaslu Halbar Gelar Rakor PPTP dan TOT

Redaksi
Rapat Koordinasi yang dipimpin Kordiv PPHL Bawaslu Halbar, Muhammadun Hi Adam di Ballroom Hotel D'Hoek (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pengawasan Tahapan Pemungutan (PPTP), Penghitungan serta Rekapitulasi Suara dan Training of Trainer (ToT) Pengawasan Pemilu Berjenjang pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, yang berlangsung di Ballroom Hotel D’hoek Desa Hatebicara, Kecamatan Jailolo, Kamis (21/3/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kordiv Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antara Lembaga  Bawaslu Halbar Muhammadun Hi Adam, Kordiv Hukum dan Penindakan Aknosous Datang, Kepala Sekertariat Bawaslu Halbar Heriyanto M Taher, peresta Rakor yang terdiri dari Ketua, Kordiv PHL dan Kordiv HPP Panwas Kecamatan serta Kepala Sekertariat Panwas Kecamatan se-Kabupaten Halbar.

Kepala Sekertariat Bawaslu Halbar, Hariyanto M Taher dalam laporannya menuturkan, pelaksanaan Rakor ini bermakud agar peserta TOT akan diberikan pelatihan untuk melaksanakan pengawasan di kecamatan. Materi yang diberikan oleh para pemateri, para peserta diminta agar diperhatikan dengan baik, karena menjadi bekal bagi Kepala Sekertariat Kecamatan untuk melaksanakan pembekalan dan Bimtek terhadap saksi Partai Politik (Parpol) di masing-masing kecamatan.

“Data yang kami minta kepada Kepala Sekertariat itu adalah data yang diminta dari Bawaslu RI. Untuk itu diharapkan kepada para Kepala Sekertariat Kecamatan agar mempertanggung jawabankan data yang akan diminta di kecamatannya, kemudian kepada Kepala Sekertariat di masing-masing kecamatan untuk mendukung kerja Bawaslu di Kabupaten,” tutur Hariyanto.

Pelaksanaan rakor ini dihadiri oleh ketua serta anggota Panwascam dan akan berlangsung selama dua hari.

Panwascam se-Halbar saat mengikuti Kegiatan Rakor PPTP dan ToT yang digelar Bawaslu Halbar (Foto: Surahman/KabarMalut)

Kordiv Hukum  Penindakan  Pelanggaran (HPP) Bawaslu Halbar, Aknosous Datang mengatakan, Rakor bertujuan untuk melakukan pelatihan Bimtek per TPS dan Bimtek saksi Parpol. Untuk itu diharapkan agar para Kepala Sekertariat Kecamatan dapat mengikuti pelatihan ini secara maksimal.

“Laporan dari kecamatan yang masih belum lengkap agar secepatnya di lengkapi, karena akan berdampak pada data kabupaten sampai ke provinsi dan RI,” harapnya.

Menurutnya, jelang Pemilu 2019 yang bakal berlangsung 17 April mendatang, maka para peserta Pemilu telah intens melaksankan kampanye, sehingga diharapkan kepada Panwascam tidak meninggalkan tempat tugasnya masing-masing.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Halbar yang diwakilkan oleh Kordiv Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antara Lembaga  Bawaslu Halbar, Muhammadun Hi Adam sekaligus mebuka acara mengaku, dalam pelaksanaan pembekalan maupun Bimtek saksi Parpol substansinya pada pungut hitung.

“Ada dua agenda pembekalan TPS yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 Maret 2019. Dan pada tanggal 4 dan 6 April dilaksanakan Bimtek saksi Parpol, karena dalam ketentuan pada UU, pungut hitung dan PSU karena adanya pelanggaran berada dalam kewenangan Panwascam,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, tujuan kegiatan ini pada prinsipnya memberikan kekuatan kepada Panwascam agar memberikan Bimtek kepada pengawas TPS, karena keberhasilan sebuah Pemilu berada pada pengawas TPS.

“Pada tanggal 14 April 2019 pada minggu tenang pertama akan dilaksanakan Apel Siaga Bersama di 10 Kabupaten/Kota sekaligus akan dilakukan patroli penertiban baliho,” pungkasnya. (PN/Ajo)

Hak Cipta KabarMalut