Ruko di Tobelo Terbakar, Empat Orang Tewas

Ronald Muhama
Mobil Pemadam Kebakaran dan mobil Water Canon milik Polres Halut bersama warha berupaya melakukan pemadamkan api yang menghanguskan Ruko Sinar Mas Tobelo (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Sebuah Rumah Toko (Ruko) yang terletak di jalan Kemakmuran Desa, Gamsungi Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara (Malut), sekira pukul 04:00 WIT pagi tadi, ludes terbakar. Empat orang penghuni tewas terpanggang karena tidak bisa menyalamatkan diri saat terjadi kebakaran.

Salah saksi Mutija (66) mengaku sumber api diduga berasal dari lantai dua bangunan Roku Sinar Mas, saat itu saksi sedang berada di lantai satu dan sedang memasak sarapan pagi untuk penghuni Ruko.

“Pada saat sedang memasak saat itu saya dengar suara berisik di bagian lantai dua dan pada saat saya mengecek suara tersebut ternyata di bagian atap terdapat percikan api dan asap yang sudah tebal,” kata Mutija kepada KabarMalut, Kamis (20/6/2019).

Mutija mengatakan melihat gumpalan asam, ia langsung berteriak meminta pertolongan kepada penghuni Ruko yang saat itu masih dalam keadaan tertidur.

“Karena api yang telah membesar dan asap yang nenutupi ruangan tersebut, saya lansung keluar dari toko dan meminta pertolongan warga sekitar,” tuturnya.

Sekira pukul 06:30 WIT dua unit mobil pemadam kebakaran dan mobil Water Canon milik Polres Halut tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan bersama-sama warga berusaha memadamkan kobaran api. Api baru berhasil padam sekira pukul 06:45 WIT.

Namun empat orang penghuni Ruko yakni satu perempuan (pemilik ruko) dan tiga laki-laki,  tidak sempat selamatkan diri sehingga menjadi korban. Sekitar pukul 07:09 WIT, Tim Indetifikasi Polres Halut tiba di TKP dan mengevakuasi keempat korban.

Sementara itu, Kapolres Halut, AKBP Yuyun Arief Kus Hardiatmo melalui Kasubag Humas Polres Halut, Aiptu Hopni Saribu menggungkapkan empat orang korban kebakaran kini sudah dievakuasi ke RSUD Tobelo untuk keperluan penyelidikan.

“Korban empat orang sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo,” kata Hopni.

Identitas para korban diantaranya, Apen (41), Sherly Andrea (42) (Pemilik Ruko), William Tobing (13) (anak pemilik Ruko),  Kristofel Tobing (16) (anak pemilik Ruko).

Perlu diketahui di bangunan lantai dua Ruko terdapat 3 kamar dengan jumlah penghuni delapan orang dan empat orang penghuni Ruko yakni, karyawan Ruko berhasil menyelamatkan diri. Sementara empat penghuni lainnya diduga masih dalam keadaan tertidur dan tidak dapat menyelamatkan diri akibat dari api yang cepat membesar. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut