Pemkab Halsel Pakai Kapal Salurkan Bantuan Korban Gempa di Pesisir Gane

  • Bagikan
Kapal Uky Raya 05 yang angkut logistik untuk korban gempa di pesisir Gane (Foto: Istimewa)

LABUHA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) bergerak cepat mendistribusikan logistik yang dibutuhkan korban gempa bumi di wilayah Gane dan Kepulauan Joronga. Dengan menggunakan kapal carteran Kapal Uky Raya 05, Pemkab menyalurkan bantuan di beberapa desa yang berada pada pesisir wilayah Gane.

Ketua Tanggap Darurat Halsel, Helmi Surya Botutihe mengatakan saat ini pemerintah kabupaten telah mengiriman sejumlah bahan makanan dan air minum serta keperluan warga. Untuk beras Pemkab sudah mendistribusikan sekitar 25 ton lebih, sedangkan supermi dan air minum mineral sekitar 2.000 karton.

“Tadi sudah diangkut di kapal kita bawa ke Saketa. Terpal, makanan dan tenaga medis. Besok kita akan sisir lagi desa-desa yang belum dijangkau,” kata Helmi ketika dikonfirmasi KabarMalut, Selasa (16/7/2019).

Sejumlah logistik yang didistribusikan ke warga pengungsi (Foto: Istimewa)

Ditambahkannya, Pemkab Halsel sementara mandirikan posko tanggap darurat di Desa Saketa Kecamatan Gane Barat. Posko ini kata Helmi, untuk mengkoordinasikan bantuan-bantuan dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat dan dari daerah lain.

“Akses yang mudah dilalui dari Sofifi langsung di Saketa. Dari Saketa kemudian didistribusikan di kecamatan lain,” ujar Helmi.

Sementara, logistik yang sudah diberangkatkan menggunakan kapal langsung menuju di desa pesisir Gane Barat, Gane Barat Selatan dan Kepulauan Joronga.

“Targetnya sampai ke Desa Rangan-Rangan Kecamatan Gane Timur Selatan dan desa-desa di Jorongan, Yomen, Yamli, Kurunga, Liboba Hijrah dan sekitarnya, kalau belum ada desa yang belum dijangkau akan kami sisir lagi,” ujarnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut