Home » Tutorial » Cara Mengatasi Layar Laptop yang Berkedip dengan Sederhana

Cara Mengatasi Layar Laptop yang Berkedip dengan Sederhana

Yodik April 27, 2024

Kabarmalut.co.id – Bagi para pekerja laptop menjadi salah satu barang elektronik yang sangat penting. Apalagi fungsinya sebagai penunjang pekerjaan memang harus berfungsi normal agar maksimal bisa digunakan dalam bekerja. Kali ini ini akan dibahas mengenai cara mengatasi layar laptop yang berkedip dan apa saja penyebab utamanya.

Dengan tampilan layar yang berkedip tentu saja tidak akan membuat nyaman ketika digunakan. Apalagi jika dibiarkan akan membuat pusing serta memberikan indikasi kerusakan pada monitor dan program laptop. Asalkan bukan kerusakan di hardwarenya berkedipnya layar bisa diatasi

Layar laptop saat ini memang sudah memakai model LCD. Dimana model ini memang memiliki banyak keunggulan dari segi tampilan visualnya. Namun ketika mendapati masalah layar berkedip tentunya Anda harus mengetahui lebih dulu penyebabnya sebelum mencari solusi atau penangannya. Berikut ii beberapa penyebab dan solusi dalam mengatasi masalah ini.

Inilah Penyebab Layar Laptop Berkedip

Sebelum membahas cara mengatasi layar laptop yang berkedip tentunya Anda harus mengenali lebih dulu penyebabnya. Selama ini pemakai laptop yang memakai sistem windows 7 sampai windows 10 pasti perah menemukan layar monitornya berkedip bukan, beberapa masalah ini disebabkan oleh:

1. Bug di Sistem Operasi Windows

Penyebab pertama yang memberikan pengaruh layar laptop berkedip adalah adanya bug di sistem operasi windows. Kesalahan sistem ini memberikan pengaruh hingga ke tampilan layar monitor laptop. Hal yang bisa dijadikan acuan jika ada bug adalah sering kalinya ada pemberitahuan untuk melakukan perbaikan driver atau program. Mengingat sistem operasi sudah terdeteksi tidak kompatibel dijalankan.

2. Driver Tampilan Bermasalah

Penyebab kedua adalah adanya masalah di display adapter (driver tampilan) setelah melakukan update windows. Hal ini bisa saja diakibatkan karena adanya konflik di driver tampilan windows. Untuk menyelesaikan masalah ini semua pengguna laptop memang harus segera melakukan pembaruan sistem atau bisa melakukan uninstall driver dan menggantinya dengan versi terbaru.

Baca Juga :   4 Cara Cek Resi Shopee Express Yang Mudah dan Praktis

3. Program tidak Kompatibel

Berikutnya masalah berkedipnya layar laptop bisa juga diakibatkan oleh terdeteksinya program yang tidak kompatibel dengan windows milik Anda. Sesuaikanlah agar kompatibel dengan cara menyetelnya sesuai dengan resolusi layar laptop milik Anda. Selain itu juga bisa melakukan refresh rate untuk menyesuaikan driver bawaannya.

Jika sudah mengetahui apa saja kemungkinan penyebab berkedipnya layar laptop diatas maka kini Anda tinggal mencari solusi dalam mengatasinya. Berikut ini ada beberapa cara yang direkomendasikan untuk Anda dan selama ini terbilang sudah berhasil dalam mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Layar Laptop yang Berkedip

Ada beberapa cara mengatasi layar laptop yang berkedip yang bisa Anda coba. Jika ingin mengatasinya mulai dari awal sampai berhasil, silahkan mencoba beberapa cara dibawah ini.

1. Buka Taks Manager

Untuk mengawali memperbaiki masalah ini silahkan lebih dulu memastikan jika driver tampilan tidak bermasalah. Untuk mengeceknya silahkan masuk atau membuka taks manager dari laptop Anda. Langkah untuk mengecek driver atau aplikasi didalamnya tidak bermasalah silahkan lakukan langkah berikut ini.

  • Silahkan masuk ke taks manager dengan membukanya cepat memakai kombinasi tombol Ctrl + Shift + ESC, maka tampilan pun akan mengarah ke menu taks manager.
  • Jika pada saat membuka taks manager layar ikut berkedip, ada kemungkinan jika memang drivernya memang sedang bermasalah.
  • Segera lakukan perbaikan dengan melakukan perbaikan driver atau uninstall lebih dulu driver dan kemudian update yang terbaru.
  • Apabila saat membuka taks manager tidak ada tanda berkedip maka bisa saja masalah terjadi pada aplikasi yang terindikasi tidak kompatibel terpasang di drivernya.

Coba periksa kembali setelah melakukan update. Jika layar sudah normal maka masalah ini sudah selesai. Jika masih belum silahkan mencoba cara berikutnya.

2. Masuk ke Service System Configuration

Sebelum memeriksa ada aplikasi yang terdeteksi tidak kompatibel maka silahkan matikan lebih dulu service system configuration.  Fitur ini sebenarnya digunakan untuk melaporkan masalah jika memang terjadi eror pada windows milik Anda. Namun cara ini juga berfungsi bagus dalam mengatasi masalah berkedipnya layar laptop. Langkahnya adalah:

  • Silahkan masuk ke menu dengan menekan langsung Windows + R untuk mengakses ke jendela Run.
  • Dalam kolom ketik msconfig, kemudian tekan Enter untuk membawa Anda ke fitur System Configuration.
  • Berikutnya silahkan masuk ke menu Services.
  • Temukan menu Problem Reports and Solution Control Panel dan hapus centangnya.
  • Jangan lupa pada menu Windows Eror Reporting Service juga hapus centangnya.
  • Klik OK dan lakukan restart laptop milik Anda.
  • Langkah ini sudah selesai.
Baca Juga :   11 Cara Screenshot di Laptop / PC Windows (Semua Laptop)

Silahkan cek apakah layar laptop masih berkedip atau tidak. Jika masih berkedip maka Anda harus melakukan langkah selanjutnya.

3. Lakukan Update pada Program yang Bermasalah

Jika ada indikasi masalah pada program, maka cara mengatasi layar laptop yang berkedip berikutnya adalah melakukan update pada program tersebut. Biasanya masalah ini muncul karena adanya ketidaksesuaian program yang terinstall atau memaksakan aplikasi yang tidak sesuai dengan windows milik Anda.

Untuk mengupdate program yang terindikasi bermasalah, langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  • Silahkan masuk ke program Microsoft Office. Sesuaikan dengan versi yang sudah Anda gunakan saat ini.
  • Kemudian pilih File dan lanjutkan ke menu Account.
  • Cek pada menu Office Update.
  • Untuk memulai menemukan program yang bermasalah silahkan klik menu Update Option dan klik Update Now.
  • Silahkan menunggu program melakukan Checking for Update sampai program ini sukses melakukan update.
  • Jika update sudah berhasil maka silahkan Anda restart laptop tersebut.

Cara tersebut adalah langkah melakukan update langsung dari aplikasinya. Jika ingin mendeteksi langsung maka bisa melalui Microsoft Store dengan melakukan langkah berikut ini.

  • Silahkan masuk ke ikon Start Menu dan cari Microsoft Store.
  • Jika sudah silahkan klik pada bagian ikon tiga titik. Ikon ini berada di pojok bagian kanan atas tampilan layar.
  • Kemudian pilih menu Download anda Update.
  • Pilih pada menu Get Updates untuk menjalankan perbaruan aplikasi.
  • Silahkan menunggu sampai proses update berhasil dan selesai.

Jika langkah dan cara ini masih belum sukses memperbaiki layar berkedip maka Anda harus segera menghapus program pada laptop tersebut dan menggantinya dengan memakai program yang versi terbaru.

4. Update ke Windows Versi Terbaru

Berikutnya cara mengatasi layar laptop yang berkedip yang bisa dijalankan adalah melakukan update windows ke versi terbaru. Bukan hanya memperbaiki program di laptop saja, Anda juga harus memperbarui versi windows jika memang masih terjadi error pada layar laptop. Sistem windows yang bermasalah juga memberikan pengaruh ke performa laptop saat dipakai.

Baca Juga :   3 Cara Mematikan Update IDM yang Muncul Secara Permanen

Selama ini Microsoft memang akan menjalankan peningkatan performa, pengguna harus melakukan perbaikan pada program dan di driver Windows. Untuk melakukan langkah ini langkahnya adalah:

  • Silahkan masuk ke menu Setting.
  • Kemudian masuk ke Update & Security. Pilih menu berikutnya yaitu Windows Update.
  • Silahkan klik menu berikutnya Check for Update dan disana akan muncul ketersediaaan versi terbaru dari Windows yang sesuai dengan versi laptop milik Anda.
  • Untuk menjalankan silahkan klik Update dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Jika sudah silahkan restart laptop. Apabila sudah diperbarui masalah berkedipnya layar laptop masih saja didapati silahkan lakukan cara selanjutnya.

5. Perbaiki Driver Tampilan

Untuk menjalankan perbaikan saat masih mendapati layar laptop berkedip yaitu dengan memperbaiki driver tampilan pada laptop milik Anda. Dimana dengan menghapus dan memperbarui driver display akan memberikan versi terbaru yang sesuai dengan program atau driver sebelumnya.

Memperbaiki driver tampilan juga akan memberikan kestabilan pada sistem dan semakin mengoptimalkan kinerja laptop kedepannya. Untuk menghapus dan melakukan update driver langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Silahkan masuk ke Driver Manager dengan masuk ke pencarian taskbar yang berada di program windows.
  • Kemudian klik Enter supaya pencarian berjalan dan menemukan lokasi driver tersebut.
  • Pilih opsi Display Adapters.
  • Jika sudah terbuka silahkan masuk ke menu Adapter dan memilik menu Properties.
  • Silahkan memberikan centang di Remove Driver Software for This Device.
  • Untuk menjalankan silahkan klik OK.

Kemudian untuk memperbaikinya ulang langkahnya adalah:

  • Silahkan masuk kembali ke Device Manager.
  • Klik Enter dan lakukan pencarian ke taskbar windows “Display Adapters”
  • Pilih Adater dan masuk ke menu Properties.
  • Selanjutnya klik Driver dan pilih Restore Driver.
  • Berikutnya adalah klik OK dan mulai restart ulang laptop.

Proses ini selesai dan tinggal mengecek apakah masalah berkedipnya layar laptop sudah teratasi atau belum.

Penutup

Nah itulah pembahasan mengenai masalah dan cara mengatasi layar laptop yang berkedip yang bisa digunakan. Dengan memahami sejumlah cara diatas tentunya akan membantu Anda mengatasi masalah ini dengan segera. Tampilan laptop pun akan kembali ke performa terbaiknya.