Home » Tutorial » 4 Cara Cek Resi Shopee Express Yang Mudah dan Praktis

4 Cara Cek Resi Shopee Express Yang Mudah dan Praktis

Ida Indriani May 16, 2024

kabarmalut.co.id – Dalam era digital seperti sekarang ini, belanja online semakin mudah dan populer. Dimana salah satu tempat untuk belanja online yang bisa kalian gunakan adalah Shopee. Yang mana biasanya paket pembeli akan dikirim melalui Shopee Express. Ada banyak dari mereka ketika belanja online ingin Cek Resi Shopee Express. Lalu bagaimana caranya?

Shopee Express sendiri adalah salah satu layanan pengiriman yang disediakan oleh Shopee, yang merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Layanan ini memungkinkan pengiriman paket secara cepat dan efisien. Namun, setelah membeli barang di Shopee, kalian mungkin ingin memantau status pengiriman barang dan ingin mengetahui di mana paketnya berada.

Dalam melakukan cek resi Shopee Express, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek resi pda Shopee Express. Selain itu ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan juga. Dimana kalian harus pastikan nomor resi yang dimasukkan sudah benar dan akurat. Jika ada kesulitan dalam melacak paket, kalian bisa menghubungi customer service Shopee melalui fitur Live Chat di aplikasi Shopee.

Cara Mudah Cek Resi Shopee Express

Cara Mudah Cek Resi Shopee Express

Dalam pengiriman paket, salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah melacak paket tersebut hingga sampai ke tangan penerima. Untuk membudahkan kalian dalam melacak paket, kalian bisa mencari tahu keberadaannya dengan mengecek resinya. Terdapat beberapa cara untuk cek rresi Shopee Express, berikut ini diantaranya :

1. Cek Resi Melalui Aplikasi Shopee

Cek Resi Melalui Aplikasi Shopee

Cara pertama yang bisa dilakukan saat ingin cek resi Shopee Express, kalian bisa mengecek resi melalui aplikasi Shopeenya langsung. Setelah kalian melakukan pembelian di Shopee dan ingin melacak status pengiriman, kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk cek resi Shopee Express melalui aplikasi Shopee.

  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke dalam akun yang dimiliki.
  • Pilih ikon pesanan (ikon keranjang belanja) di bagian bawah layar.
  • Pilih pesanan yang ingin kalian lacak.
  • Pada halaman pesanan, cari informasi pengiriman di bawah detail pesanan.
  • Klik tombol “Lacak Pengiriman”.
  • Akan muncul informasi pengiriman, termasuk nomor resi dan status pengiriman terbaru.
  • Untuk melacak status pengiriman lebih lanjut, kalian bisa memasukkan nomor resi ke situs web atau aplikasi pengiriman yang digunakan oleh Shopee Express.
Baca Juga :   Safe Mode Windows 10, Cara Masuk Dan Beberapa Opsi Di Dalamnya

Jika nomor resi belum tersedia atau status pengiriman tidak diperbarui, kalian bisa menghubungi layanan pelanggan Shopee untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

2. Cek Resi Melalui Website

Cek Resi Melalui Website

Seperti yang sudah kalian tahu, Shopee Express adalah layanan pengiriman yang disediakan oleh Shopee untuk mempermudah pengiriman barang dari penjual ke pembeli. Dengan begitu, pembeli bisa melacak status pengiriman barang dengan nomor resi yang diberikan oleh penjual. Berikut adalah cara untuk mengecek nomor resi Shopee Express melalui website.

  • Login ke akun Shopee masing-masing di https://shopee.co.id/ dan klik pada ikon pesanan di pojok kanan atas.
  • Langsung saja kalian pilih pesanan yang ingin di lacak dan klik pada tombol “Lacak Pengiriman”.
  • Kalian akan diarahkan ke halaman detail pesanan. Di sini, kalian bisa melihat status pengiriman, termasuk nomor resi.
  • Jika nomor resi belum tersedia, silahkan tunggu beberapa saat dan periksa kembali nanti. Biasanya nomor resi akan tersedia setelah barang dikirim oleh penjual.
  • Jika nomor resi sudah tersedia, salin nomor resi dan buka situs Shopee Express di https://shopee.co.id/shopee-express. Di sini, kalian bisa memasukkan nomor resi dan memilih opsi “Cek status pengiriman”.
  • Setelah memasukkan nomor resi, kalian akan melihat status pengiriman. Termasuk juga tanggal pengiriman, tanggal tiba di gudang Shopee, tanggal pengiriman dari gudang Shopee, dan estimasi tanggal tiba di alamat tujuan.
  • Jika ada masalah dengan pengiriman, seperti keterlambatan atau barang yang hilang, kalian bisa menghubungi layanan pelanggan Shopee melalui email atau chat langsung di aplikasi Shopee.

3. Cek Resi Melalui Media Sosial

Cek Resi Melalui Media Sosial

Sekarang ini belanja online menjadi pilihan yang semakin populer dan banyak diminati. Namun, dengan semakin banyaknya jumlah pengiriman yang dilakukan, terkadang kalian akan sulit untuk melacak status pengiriman. Untuk itu, Shopee Express menyediakan fitur pelacakan pengiriman untuk memudahkan kalian dalam mengetahui status pengiriman. Berikut adalah cara cek resi Shopee Express melalui media sosial :

  • Pastikan kalian sudah memiliki nomor resi dari Shopee Express. Nomor resi ini akan diberikan oleh Shopee melalui email atau pesan di aplikasi Shopee.
  • Silahkan kalian buka aplikasi media sosial yang dimiliki seperti WhatsApp, Telegram atau Facebook Messenger.
  • Kalian cari akun resmi Shopee Express di media sosial yang digunakan. Biasanya, akun resmi Shopee Express memiliki nama pengguna atau handle yang mudah diingat seperti @shopeeexpress atau @shopeeid.
  • Langsung saja kalian ketik pesan baru ke akun Shopee Express dengan format “CEK (spasi) nomor resi”. Misalnya, “CEK 1234567890”.
  • Selanjutnya kalian tunggu beberapa saat sampai sistem Shopee Express memproses pesan kalian dan mengirimkan status pengiriman yang kalian cari. Biasanya, status pengiriman yang dikirimkan meliputi tanggal pengiriman, kota asal pengiriman, dan perkiraan waktu tiba.
  • Jika kalian masih memiliki pertanyaan atau masalah dengan pengiriman, kalian dapat menghubungi layanan pelanggan Shopee melalui aplikasi Shopee atau melalui media sosial yang kalian gunakan.
Baca Juga :   6 Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi dan Praktis

4. Cek Resi Melalui CS Shopee

Cek Resi Melalui CS Shopee

Cara terakhir untuk cek resi Shopee Express, bisa dilakukan melalui CS Shopee. Saat kalian melakukan pembelian di Shopee dan ingin mengetahui status pengiriman barangnya, kalian bisa melakukan pengecekan melalui nomor resi pengiriman. Ada beberapa cara untuk mengecek nomor resi pengiriman pada Shopee, salah satunya melalui Customer Service (CS) Shopee. Berikut adalah langkah-langkah cara cek resi Shopee Express melalui CS Shopee :

  • Pertama, buka aplikasi Shopee di ponsel masing-masing dan masuk ke akun Shopee.
  • Setelah masuk, klik pada ikon “Saya” yang berada di bagian bawah aplikasi.
  • Klik pada “Pembelian Saya” untuk melihat semua barang yang sudah kalian beli.
  • Cari barang yang ingin kalian lacak status pengirimannya dengan memilih “Lacak Pengiriman” pada barang tersebut.
  • Di halaman “Lacak Pengiriman”, kalian akan menemukan nomor resi pengiriman barang. Silahkan kalian salin nomor resinya.
  • Selanjutnya, klik pada tombol “Bantuan” yang terdapat di bagian bawah aplikasi.
  • Setelah itu, kalian akan diarahkan ke halaman “FAQ”. Pilih “Pengiriman” pada kategori pertanyaan.
  • Pada halaman “Pengiriman”, pilih “Cara Melacak Pengiriman” dan kemudian klik pada “Hubungi Kami”.
  • Di halaman “Hubungi Kami”, kalian bisa memilih opsi untuk menghubungi CS Shopee, baik melalui chat atau telepon.
  • Jika kalian memilih untuk menghubungi melalui chat, maka kalian akan diarahkan ke halaman chatting dengan CS Shopee. Sampaikan nomor resi pengiriman barang kepada CS Shopee dan minta untuk membantu mengecek status pengiriman barang tersebut.
  • Namu, jika kalian memilih untuk menghubungi melalui telepon, maka kalian akan dihubungkan dengan CS Shopee secara langsung. Sampaikan nomor resi pengiriman barang kepada CS Shopee dan minta untuk membantu mengecek status pengiriman barang yang kalian beli.
  • Setelah itu, CS Shopee akan membantu mengecek status pengiriman barang tersebut dan memberikan informasi terbaru mengenai pengiriman barangnya.
Baca Juga :   Cek Penerima Bansos BLT BBM Subsidi dari Pemerintah 2023

Akhir Kata

Itulah empat cara yang bisa dilakukan saat kalian ingin cek resi Shopee Express. Kalian bisa mencoba salah satu cara yang sudah dijelaskan diatas. Namun, jika tidak berhasil menemukan, kalian bisa mencoba cara cek resi lainnya. Semoga dengan ulasan artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mencari cara pengecekan resi Shopee Express.