Home » Tutorial » Cara Mengirim Folder Lewat Email di HP/Laptop Lebih Dari Satu File

Cara Mengirim Folder Lewat Email di HP/Laptop Lebih Dari Satu File

Yodik May 21, 2024

Kabarmalut.co.id – Mengirim file atau dokumen melalui email telah menjadi salah satu cara paling populer untuk berbagi informasi di era digital. Namun, bagaimana jika Anda perlu mengirim folder yang berisi beberapa file dan subfolder?

Mengirim folder melalui email bisa menjadi tantangan, terutama jika ukurannya terlalu besar untuk diunggah sebagai satu file. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengirim folder melalui email dengan mudah dan efektif.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengirim folder melalui email. Mulai dari memampatkannya menjadi satu file, mengunggah ke layanan cloud, hingga membaginya menjadi beberapa file.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengirim folder dan file yang lebih besar melalui email tanpa perlu khawatir dengan ukuran file yang terlalu besar atau mengalami kesulitan saat mengirimnya.

Jadi, jika Anda ingin mempelajari cara mengirim folder melalui email dengan mudah dan efektif, maka artikel ini adalah untuk Anda.

Sekilas tentang Gmail

Gmail adalah salah satu layanan email gratis yang paling populer di dunia. Diluncurkan pada tahun 2004 oleh Google, layanan ini kini digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dalam ulasan ini, saya akan membahas beberapa fitur menarik yang membuat Gmail menjadi salah satu layanan email terbaik yang tersedia.

1. Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Salah satu fitur utama dari Gmail adalah kapasitas penyimpanan yang besar. Setiap pengguna memiliki akses ke 15 GB ruang penyimpanan gratis, yang cukup besar untuk menyimpan sejumlah besar email, gambar, dan dokumen.

Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, Anda dapat membeli ruang tambahan atau menggunakan layanan cloud storage Google Drive yang terintegrasi dengan Gmail.

2. Pencarian Canggih

Gmail juga memiliki fitur pencarian yang sangat canggih. Anda dapat mencari email berdasarkan kata kunci, pengirim, atau label. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan filter untuk memilah email berdasarkan status (dibaca atau belum dibaca), ukuran, atau tanggal.

Baca Juga :   9 Cara Mengganti Background Foto Secara Online dan Gratis

Dengan fitur pencarian ini, Anda dapat dengan mudah menemukan email yang Anda cari, bahkan jika sudah lama disimpan.

3. Integrasi dengan Layanan Google Lainnya

Gmail terintegrasi dengan berbagai layanan Google lainnya, seperti Google Calendar, Google Drive, dan Google Meet. Ini memudahkan pengguna untuk mengakses layanan-layanan tersebut langsung dari Gmail.

Misalnya, jika Anda menerima undangan rapat melalui email, Anda dapat menambahkan acara tersebut ke kalender Google Anda tanpa perlu membuka aplikasi kalender terpisah.

4. Filter Spam yang Efektif

Gmail memiliki filter spam yang sangat efektif. Ini berarti Anda akan menerima lebih sedikit email spam yang masuk ke kotak masuk Anda.

Filter spam Gmail didukung oleh teknologi pembelajaran mesin yang canggih yang terus-menerus belajar dan memperbaiki diri. Jika ada email yang salah teridentifikasi sebagai spam, Anda dapat membatalkan tindakan tersebut dengan mengklik tombol “Not spam”.

5. Fitur Email Terjadwal

Gmail juga memiliki fitur email terjadwal yang berguna. Dengan fitur ini, Anda dapat menulis email pada waktu yang sesuai untuk Anda, dan mengatur agar email tersebut dikirim pada waktu tertentu di masa depan.

Misalnya, jika Anda ingin mengirim email pada pagi hari tetapi tidak ingin mengganggu penerima email di tengah malam, Anda dapat menulis email tersebut pada malam hari dan mengatur agar dikirim pada pagi hari berikutnya.

6. Pengaturan Tanda Tangan Email

Gmail memungkinkan pengguna untuk membuat tanda tangan email yang terlihat profesional dan menarik. Anda dapat menambahkan gambar, tautan, dan informasi kontak Anda ke tanda tangan Anda. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna bisnis yang ingin membuat tanda tangan email yang terlihat profesional.

7. Pengiriman Berbagai Jenis Dokumen

Yap, Gmail juga memungkinkan Anda untuk mengirimkan berbagai jenis dokumen yang mungkin saja dibutuhkan. Mulai dari dokumen teks dan masih banyak lagi.

Jenis Dokumen yang Bisa Dikirim Lewat Email

Nah, untuk beberapa jenis dokumen yang bisa Anda kirimkan lewat Gmail atau email bisa cek di sini:

1. Lampiran

Fitur paling dasar untuk mengirim dokumen dalam Gmail adalah dengan menambahkan lampiran ke email. Anda dapat menambahkan berbagai jenis dokumen, seperti dokumen teks, file gambar, file PDF, dan file spreadsheet. Untuk menambahkan lampiran, Anda hanya perlu mengklik tombol “Lampiran” di bawah kotak pesan email dan memilih file yang ingin Anda kirim.

2. Google Drive

Gmail terintegrasi dengan layanan penyimpanan cloud Google Drive. Jika dokumen yang ingin Anda kirim terlalu besar untuk dilampirkan ke email, Anda dapat mengunggah dokumen tersebut ke Google Drive dan membagikan tautan ke dokumen tersebut melalui email.

Fitur ini juga memudahkan Anda untuk berbagi dokumen dengan orang lain dan memungkinkan untuk mengedit dokumen secara bersama-sama.

3. Google Docs

Gmail juga terintegrasi dengan Google Docs, yang memungkinkan Anda untuk mengedit dokumen secara online dan berkolaborasi dengan orang lain secara langsung dari email.

Baca Juga :   7 Cara Mengubah JPG ke PDF di HP & Laptop Terlengkap 2023

Anda dapat menambahkan dokumen Google Docs ke email dengan mengklik tombol “Sisipkan file” dan memilih “Dari Drive” atau “Dari Google Docs”. Dokumen Google Docs yang dikirim melalui email akan tetap terhubung ke dokumen asli, sehingga perubahan yang dilakukan oleh penerima email akan terlihat secara langsung.

4. Google Sheets

Jika Anda perlu mengirim file spreadsheet, Anda dapat menggunakan Google Sheets. Anda dapat menambahkan file spreadsheet Google Sheets ke email dengan cara yang sama seperti dokumen Google Docs. Dengan Google Sheets, Anda dapat mengedit file secara online dan berkolaborasi dengan orang lain dalam waktu nyata.

5. Google Slides

Jika Anda perlu mengirim presentasi atau slide, Anda dapat menggunakan Google Slides. Anda dapat menambahkan file presentasi Google Slides ke email dengan cara yang sama seperti dokumen Google Docs dan file spreadsheet Google Sheets.

Seperti Google Docs dan Google Sheets, Google Slides memungkinkan Anda untuk mengedit presentasi secara online dan berkolaborasi dengan orang lain.

Gmail memiliki berbagai fitur untuk membantu Anda mengirim berbagai jenis dokumen dengan mudah dan aman. Dengan adanya integrasi Google Drive, Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides, Anda dapat mengedit dan berkolaborasi secara langsung dari email, membuat proses kerja menjadi lebih mudah dan efisien.

Cara Mengirim Folder Lewat Email

Ada cukup banyak metode yang bisa Anda coba untuk mengirim folder melalui Email. Coba deh beberapa cara berikut:

1. Cara Mengirim Folder Lewat Email dengan Kompres Terlebih Dahulu

Mengirim folder melalui email bisa menjadi tugas yang menantang karena banyak penyedia email memiliki batasan ukuran file yang bisa dikirimkan.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengompres folder tersebut sebelum mengirimkannya. Berikut adalah cara mengirim folder lewat email dengan mengompresnya:

  • Pastikan Anda memiliki program kompresi file seperti WinZip, WinRAR, atau 7-Zip di komputer Anda. Jika belum, Anda bisa mengunduhnya dari internet dan menginstalnya.
  • Pilih folder yang ingin Anda kirim melalui email dan klik kanan pada folder tersebut. Pilih opsi “Tambahkan ke Arsip” atau “Kompresi ke ZIP” (tergantung pada program yang Anda gunakan).
  • Setelah folder dikompres, Anda akan memiliki file ZIP baru di komputer Anda. Klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi “Kirim ke” atau “Bagikan”. Kemudian, pilih email sebagai pilihan.
  • Tuliskan alamat email penerima, subjek email, dan pesan (jika ada) seperti biasa. Jangan lupa untuk menambahkan file ZIP yang telah Anda buat sebagai lampiran.
  • Jika ukuran file ZIP terlalu besar untuk dikirim melalui email, Anda bisa mengunggahnya ke layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox dan kemudian mengirimkan tautannya melalui email.
  • Periksa kembali pesan Anda untuk memastikan semuanya sudah benar dan klik tombol “Kirim”.
Baca Juga :   Cara Screenshot (SS) HP Samsung Lebih Mudah Dan Cepat

Dengan mengompres folder sebelum mengirimnya, Anda bisa memperkecil ukuran file dan meningkatkan kemungkinan berhasilnya pengiriman melalui email. Selain itu, mengompres folder juga bisa membantu Anda mengelola file yang lebih rapi dan teratur di komputer Anda.

2. Melalui Google Drive

Terkadang, ukuran file terlalu besar untuk dikirim melalui e-mail, namun tidak perlu khawatir, karena kita dapat menggunakan Google Drive untuk mengirim folder dengan mudah. Berikut adalah cara mengirim folder lewat e-mail via Google Drive:

  • Pertama-tama, buka Google Drive dan buat folder yang ingin Anda kirim.
  • Upload file-file yang ingin Anda sertakan di dalam folder tersebut.
  • Setelah file-file tersebut ter-upload, klik kanan pada folder dan pilih opsi “Bagikan”.
  • Kemudian, atur hak akses pengguna yang akan menerima folder. Anda dapat mengatur untuk membatasi akses atau memberikan izin penuh.
  • Setelah itu, salin tautan yang ada pada bagian “Tautan untuk berbagi” dan masukkan ke dalam e-mail yang ingin Anda kirim.
  • Tuliskan pesan pada e-mail Anda, kemudian lampirkan tautan tersebut.
  • Kirim e-mail Anda dan pengguna yang menerima e-mail tersebut dapat mengakses folder dengan mengklik tautan yang telah Anda bagikan.

Dengan cara ini, Anda dapat mengirimkan folder dengan mudah melalui e-mail dengan bantuan Google Drive. Jangan lupa untuk memperhatikan hak akses pengguna yang Anda atur agar file Anda tetap aman dan terlindungi.

Kelebihan Mengirim Folder Lewat Email

Mengirim folder melalui email memiliki beberapa kelebihan yang dapat memudahkan pengguna untuk berbagi file dengan orang lain. Berikut adalah beberapa kelebihan dari mengirim folder lewat email:

1. Memudahkan Pengiriman File Besar

Mengirim folder lewat email memudahkan pengiriman file besar, karena pengguna tidak perlu membagi file menjadi beberapa bagian. Dengan mengirim folder, pengguna dapat mengirim semua file yang dibutuhkan dalam satu waktu.

2. Mempermudah Kolaborasi Tim

Mengirim folder lewat email mempermudah kolaborasi tim. Dengan mengirim folder, semua anggota tim dapat mengakses file yang sama dan bekerja pada versi yang sama. Hal ini meminimalisir kemungkinan terjadinya kebingungan atau kecacatan dalam proses kolaborasi.

3. Lebih Efisien dan Hemat Waktu

Mengirim folder lewat email lebih efisien dan hemat waktu. Daripada mengirim file satu per satu, pengguna dapat mengirim semua file yang dibutuhkan dalam satu email. Hal ini menghemat waktu dan upaya yang diperlukan untuk mengirim file.

4. Memudahkan Sinkronisasi

Mengirim folder lewat email memudahkan sinkronisasi antara pengguna dan penerima. Saat semua file terkait dikirim bersama-sama, pengguna dan penerima akan memiliki akses ke file yang sama, sehingga memudahkan sinkronisasi dan koordinasi antara mereka.

Penutup

Itulah penjelasan langkah-langkah atau cara mengirim folder lewat email yang bisa Anda lakukan. Semoga membantu.