Home » Umum » Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Baik untuk Mobil Atau Motor

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Baik untuk Mobil Atau Motor

Ida Indriani May 21, 2024

kabarmalut.co.id – Mungkin masih banyak diantara kalian yang masih bingung dalam membuat surat kuasa pengambilan BPKB. Kalian tenang saja, karena dibawah ini kita akan menginformasikan tentang Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB yang bisa kalian ikuti. Dengan begitu, kalian tidak akan lagi bingung dalam penulisannya.

Pasti banyak diantara kalian yang sudah tahu, surat kuasa merupakan sebuah surat yang mewakili seseorang untuk perintah tertentu. Yang mana biasanya, surat tersebut digunakan ketika seseorang yang memberikan kuasa berhalangan hadir. Sehingga orang tersebut meminta bantuan kepada orang lain untuk mewakilinya. Salah satunya yaitu meminta bantuan pengambilan BPKB.

Menurut gurupenggerakmaluku.id dalam pengambilan BPKB dan yang memiliki kendaraan berhalangan hadir, pastinya kalian harus membuat surat kuasa. Dimana surat kuasa tersebut digunakan sebagai bentuk bukti yang sah untuk dipakai dalam pengambilan BPKB. Yang menunjukan bahwa sang pemilik kendaraan telah memberikan kuasanya karena tidak bisa hadir dalam pengambilan BPKB tersebut.

Syarat Pengambilan BPKB

Syarat Pengambilan BPKB

Sebelum melakukan pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB, kalian juga harus tahu syarat apa saja yang harus kalian siapkan ketika ingin mengambil BPKB. Dengan begitu, kalian tidak akan bolak balik untuk mengambil kelengkapan dalam pengambilan BPKB. Adapun untuk syaratnya sendiri bisa kalian lihat sebagai berikut :

1. Pengambilan BPKB Diwakilkan di Adira Finance

Berikut ini beberapa syarat yang harus kalian siapkan, ketika ingin melakukan pengambilan BPKB kendaraan yang diwakilkan di Adira Finance :

  • Membawa surat kuasa pengambilan BPKB.
  • Siapkan KTP asli penerima dan pemberi surat kuasa.
  • Bukti pembayaran terakhir harus dibawa.
  • Surat keterangan dari kelurahan jangan lupa dibawa (jika alamat pengajuan kredit berbeda dengan alamat di KTP).

2. Pengambilan BPKB Diwakilkan di BCA Finance

Untuk pengambilan BPKB kendaraan yang diwakilkan di BCA Finance, kalian bisa melihat beberapa syaratnya yaitu sebagai berikut :

  • Siapkan surat kuasa pengambilan BPKB.
  • Jangan lupa membawa KTP asli penerima dan pemberi surat kuasa.
  • Harus membawa bukti pembayaran terakhir.
  • Perlu siapkan surat keterangan dari kelurahan jika alamat berbeda ketika pengajuan kredit dengan alamat yang ada di KTP.
Baca Juga :   Harga Lion TikTok berapa Uang dan Koin Yang diperlukan?

3. Pengambilan BPKB Diwakilkan di FIF

Mungkin kalian akan melakukan pengambilan BPKB melalui FIF. Berikut syarat yang harus dilengkapi :

  • KTP yang mengambil BPKB
  • Fotokopi KTP yang mengambil BPKB
  • Fotokopi pajak kendaraan atau STNK
  • Bukti pembayaran terakhir
  • Surat kuasa pengambilan BPKB

4. Pengambilan BPKB Diwakilkan di Kantor Samsat

Jika kalian akan melakukan pengambilan BPKB melalui kantor samsat, penting untuk mengetahui beberapa syarat ketika ingin mengambilnya :

  • Fotokopi KTP yang memiliki kendaraan.
  • Fotokopi KTP yang mengambil BPKB.
  • Surat kuasa pengambilan BPKB.
  • Fotokopi STNK terbaru.
  • Resi pengambilan BPKB.
  • KTP asli yang memiliki kendaraan.
  • KTP asli yang akan mengambil BPKB.

Format Pembuatan Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Format Pembuatan Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Setelah kalian mengetahui beberapa syarat yang harus disiapkan dalam pengambilan BPKB. Sekarang kalian harus mengetahui format dalam pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB. Namun, jika kalian masih bingung kalian bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan BPKB nanti yang akan kita bagikan sebentar lagi dibawah ini. Berikut format dalam pembuatannya :

1. Judul Surat

Yang pertama, kalian harus membuat judul suratnya. Dimana judul surat kuasa yang akan menerangkan tentang tujuan surat dibuat. Seperti dalam pengambilan BPKB, kalian bisa menuliskan “Surat Kuasa” atau bisa juga kalian menulis judul seperti “Surat Kuasa Pengambilan BPKB” judul tersebut harus ditulis pada bagian atas surat.

2. Kalimat Pembuka

Format selanjutnya yaitu membuat kalimat pembuka. Biasanya kalimat pembuka dalam pembuatan surat kuasa akan menjelaskan amanat yang diberikan. Seperti contohnya yaitu “Yang bertandatangan di bawah ini” kalian bisa menuliskan kalimat tersebut pada kalimat pembuka.

3. Identitas Pemberi Kuasa

Selanjutnya, kalian tidak boleh lupa dalam penulisan identitas pemberi kuasa. Dimana identitas tersebut berisi informasi tentang seseorang yang akan mewakilkan dalam pengambilan BPKB. Kurang lebih untuk format penulisannya sendiri sama dengan identitas pemberi kuasa.

4. Kuasa yang Diberikan

Pada bagian penulisan kuasa yang diberikan. kalian harus mengisi keterangan mengenai hal yang akan dituju. Seperti dalam pengambilan BPKB.

5. Identitas Kendaraan

Selanjutnya, jangan lupa memasukan hal penting lainnya yaitu menuliskan identitas kendaraan yang meliputi tipe motor atau mobil. Selain itu kalian juga harus menuliskan warna motor atau mobil tersebut, plat nomor polisinya dan yang lainnya secara detail.

Baca Juga :   1000+ Nama WiFi Keren, Nyindir, Lucu, Islami, Aesthetic, dan Unik

6. Kata Penutup

Pada bagian kata penutup, kalian bisa menuliskan pesan terakhir yang akan disampaikan dan tanggal surat yang kalian buat sebelumnya.

7. Tanda Tangan

Jika semuanya sudah kalian ikuti formatnya, maka langkah terakhir yaitu membuat tanda tangan. Selain membuat tanda tangan, tidak lupa kalian juga harus menyertakan materai sebesar Rp 10.000.

Itulah format dalam penulisan surat kuasa pengambilan BPKB. Harap perhatikan baik-baik dan ikuti panduannya agar kalian tidak mendapatkan masalah dalam pengambilan BPKB.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Agar kalian tidak bingung dalam pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB. Dibawah ini kita akan membagikan beberapa contoh surat kuasa pengambilan BPKB untuk kendaraan bermotor dan juga kendaraan bermobil. Kalian bisa melihat beberapa contohnya yaitu sebagai berikut :

1. Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Kendaraan Motor

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                      :

NIK                         :

Tempat/tanggal lahir :

Pekerjaan                :

Alamat                    :

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

Nama                      :

NIK                         :

Tempat/tanggal lahir :

Pekerjaan                :

Alamat                    :

Untuk dapat mengambil surat BPKB Motor dengan rincian sebagai berikut ini

Atas Nama      :

Merk Motor     :

Warna            :

No. Rangka    :

Tahun            :

CC Motor       :

No. Polisi       :

No. Mesin      :

Demikian surat kuasa ini saya buat dalam keadaan sadar tanpa ada paksaan dari siapapun. Dan semoga digunakan sebagaimana mestinya. Saya ucapkan terima kasih atas segala perhatiannya.

_____, ____________ 2023

Pemberi Kuasa                       Penerima Kuasa

Materai 10.000

(Nama Jelas)                          (Nama Jelas)

2. Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Kendaraan Mobil

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                      :

Tempat/tanggal lahir :

Pekerjaan                :

Alamat                    :

Baca Juga :   Kode Top Up DANA Bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, CIMB & Lainnya

Dengan ini memberi kuasa kepada:

Nama                      :

Tempat/tanggal lahir :

Pekerjaan                :

Alamat                    :

Untuk pengambilan BPKB satu buah unit mobil dengan merk  ____, warna ____, dan nomor polisi ________.

Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dikerjakan dengan itikad baik dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. _________, ___________ 2023

Pemberi Kuasa                            Penerima Kuasa

Materai Rp10.000

(Tanda Tangan)                            (Tanda Tangan)

Silahkan kalian bisa ikuti template surat kuasa dalam pengambilan BPKB untuk kendaraan bermotor dan bermobil. Dengan mengikuti contoh tersebut, kalian tidak dimudahkan dalam pengambilan BPKB.

Fungsi Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Fungsi Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dimana pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB dibuat untuk melakukan suatu perintah perizinan yang memberikan surat. Untuk fungsi pembuatan surat kuasa tersebut, memiliki beberapa yang mungkin masih banyak dari kalian yang belum mengetahuinya. Berikut ini beberapa fungsinya :

  1. Surat kuasa dibuat untuk memudahkan urusan birokrasi dalam pengambilan BPKB. Dimana pengambilannya di wakilkan oleh orang lain sehingga akan mempermudah proses pengambilannya.
  2. Fungsi lainnya adalah sebagai bukti pengambilan BPKB yang sah. Selain itu juga seseorang yang diamanatkan surat kuasa tersebut akan bertanggung jawab atas segala hal yang nantinya terjadi pada BPKB.
  3. Surat kuasa pengambilan BPKB dibuat, berfungsi sebagai tindakan preventif penyalahgunaan BPKB. Dengan begitu, tidak akan di salah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dapat disimpulkan bahwa BPKB adalah sebuah dokumen yang sangat penting untuk kendaraan, baik kendaraan motor ataupun mobil. Sehingga kalian harus menjaga dokumen penting tersebut dengan sangat baik. Dimana memang dokumen ini digunakan sebagai tanda pengenal dari kendaraan motor dan mobil. Bisa dikatakan bahwa jika kalian tidak memiliki BPKB, berarti kalian bukan pemilik yang sah pada kendaraan tersebut.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang bisa kita jelaskan mengenai contoh surat kuasa pengambilan BPKB. Jika kalian ingin membuat surat kuasa tersebut, kalian harus melihat beberapa syaratnya yang sudah kita sampaikan diatas. Dengan begitu akan memudahkan kalian dalam pengambilannya. Terimakasih sudah melihat dan mengulas artikel ini hingga selesai, sampai jumpa lagi dan semoga bermanfaat.