Home » Pendidikan » Peningkatan Penerimaan Beasiswa IISMA Tahun 2024

Peningkatan Penerimaan Beasiswa IISMA Tahun 2024

Fajar Eka Putra April 19, 2024

kabarmalut.co.id – Pada tahun 2024, sebanyak 2.277 mahasiswa telah berhasil lolos seleksi dan mendapatkan pengakuan sebagai penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Jumlah ini merupakan bagian dari kuota target penerimaan yang telah ditetapkan sebelumnya, yang mencapai 3.000 mahasiswa.

” Baca Juga: KBRI Singapura Menggelar Forum Kebijakan Ekonomi Indonesia “

Penyataan dari Kepala Program IISMA

Kepala Program IISMA, Rachmat A. Sriwijaya, secara resmi menyampaikan ucapan selamat kepada semua mahasiswa yang berhasil terpilih. Beliau juga menjelaskan bahwa pemerintah telah meningkatkan target penerimaan beasiswa menjadi 3.000 mahasiswa untuk tahun 2024, menunjukkan peningkatan sebesar 51 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai sekitar 1.500 mahasiswa.

Perincian Kuota dan Jalur Penerimaan

Dari total penerima beasiswa tahun ini, sebanyak 2.030 mahasiswa diterima melalui jalur reguler, sedangkan 247 mahasiswa diterima melalui jalur afirmasi. Melalui program ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi ternama di 30 negara yang tersebar di seluruh dunia.

Skema Pendaftaran dan Seleksi

Program IISMA mengadopsi tiga skema pendaftaran yang berbeda, yaitu reguler, afirmasi, dan co-funding. Skema reguler dan afirmasi menawarkan beasiswa penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), sementara skema afirmasi ditujukan khusus untuk mahasiswa dari wilayah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020.

Upaya Peningkatan Kesempatan Belajar

Rachmat menekankan bahwa dengan peningkatan kuota dan variasi skema pendaftaran, program IISMA memberikan peluang lebih besar bagi mahasiswa Indonesia untuk merasakan pengalaman belajar di luar negeri. Langkah ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi para mahasiswa.

Baca Juga :   Preferensi Pendaftaran Mahasiswa Baru SNBP 2024

Imbauan Keterlibatan Peserta

Rachmat mengimbau para penerima beasiswa agar tetap aktif memantau informasi terbaru melalui email dan portal resmi program. Hal ini diperlukan untuk memastikan keterlibatan mereka dalam setiap tahapan program IISMA.

” Baca Juga: Liga 1 2023/2024 Ditunda Demi Kesempatan Olimpiade “

Dorongan Menuju Peningkatan Kualitas

Program IISMA 2024 telah melaksanakan berbagai upaya pembenahan dan penyesuaian berdasarkan masukan dari berbagai pihak. Tujuan dari upaya ini adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dan meningkatkan kualitas keseluruhan program IISMA.