Home » Pendidikan » Preferensi Pendaftaran Mahasiswa Baru SNBP 2024

Preferensi Pendaftaran Mahasiswa Baru SNBP 2024

Tika Purwana April 21, 2024

kabarmalut.co.id – Dari hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024. Terungkap bahwa 20 perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi primadona bagi calon mahasiswa baru. Dari pernyataan Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Prof. Ganefri. Diketahui bahwa sebanyak 702.312 individu mendaftar pada SNBP 2024, mencerminkan antusiasme tinggi dalam mengejar pendidikan tinggi di Indonesia.

” Baca Juga: Kemenangan Gemilang Timnas Indonesia di Kandang Vietnam “

Dominasi PTN Teratas

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menempati posisi puncak dalam daftar PTN yang paling diminati, dengan jumlah pendaftar mencapai 36.033 peserta. Disusul oleh Universitas Diponegoro (Undip) di peringkat kedua dengan 34.658 pendaftar. Keduanya menunjukkan daya tarik yang kuat bagi calon mahasiswa, menegaskan reputasi dan kualitas pendidikan yang mereka miliki.

Ragam Pilihan PTN Favorit

Terdapat variasi dalam preferensi calon mahasiswa baru, dengan Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Padjadjaran mengisi peringkat tiga, empat, dan lima secara berurutan. Hal ini menandakan bahwa faktor-faktor seperti lokasi, fasilitas, dan program studi yang ditawarkan memainkan peran penting dalam keputusan pendaftaran.

Diversifikasi Geografis dan Kualitas

Pendaftaran yang tinggi juga terlihat di Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Gadjah Mada. Menunjukkan keberagaman geografis dan kualitas pendidikan yang diinginkan oleh calon mahasiswa. Tidak hanya itu, Universitas Indonesia, sebagai salah satu universitas papan atas di Indonesia. Mereka tetap mempertahankan daya tariknya dengan menarik 27.754 pendaftar.

Faktor-Faktor Penentu Pilihan

Tidak hanya kota besar yang menarik minat. Universitas Negeri Surabaya, Universitas Riau, dan Institut Pertanian Bogor menampilkan bahwa potensi ekonomi regional dan keunggulan dalam sumber daya manusia tetap menjadi faktor penentu dalam pilihan pendidikan tinggi.

Baca Juga :   Pentingnya Kehalalan Produk Makanan Dalam Masyarakat

” Baca Juga: Indonesia Menggempur Vietnam dengan Performa Gemilang“

Keunggulan Akademik dan Pilihan Program Studi

Selain itu, keunggulan akademik tertentu seperti yang ditawarkan oleh Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Hasanuddin, membuktikan bahwa pilihan program studi juga memiliki dampak signifikan dalam menarik minat calon mahasiswa.

Dari daftar 20 PTN yang paling diminati pada SNBP 2024, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor seperti reputasi universitas, lokasi, fasilitas, program studi, dan keunggulan akademik memainkan peran kunci dalam keputusan pendaftaran calon mahasiswa baru. Hal ini mencerminkan keberagaman preferensi serta aspirasi pendidikan masyarakat Indonesia yang terus berkembang.